Lima Tokoh Sandima Dapat Penghargaan Pelestari Budaya

SAMARINDA: Kegembiraan mewarnai kesultanan Loah Maurai (Kesultanan Sandima) karena lima dari tokoh Sandima memperoleh penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Mereka adalah Elansyah Jamhari (Sultan Loah Maurai), Abdillah Syafei (Wazir Kesultanan Loah Maurai), Syofiansyah (Panglima Perang), Rusdiansyah (Pengharapan), dan Muhammad Nur Rohim (Peladon). 


Anugerah sebagai Tokoh Pelestari Budaya Kaltim ini diserahkan pada Sabtu malam Minggu (23/09/2023) di Panggung penutupan Art  and Culture Festival, oleh Rektor  Universitas Mulawarman Prof. Dr. Abdunnur mewakili Gubernur Kaltim yang sedang mengikuti acara bersama presiden Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN).  

Didampingi Kepala Taman Budaya Kaltim Dra Hj Novarita, M.M dan Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara, Abdunnur menyerahkan penghargaan kepada puluhan tokoh budaya Kalimantan Timur dari berbagai bidang seni. Dan tentu saja lima diantaranya berasal dari tokoh Sandima Format Kaltim yang rata-rata sudah lebih darii 20 tahun konsisten melestarikan teater tradisi Samarinda ini.

Sebelumnya pada Minggu 3 September lalu Sultan Elansyah Jamhari juga telah mendapat anugerah sebagai pelestari seni Sandima dan Wazir Abdillah Syafei mendapat gelar sebagai tokoh pelestari Seni Pantun yang disampaikan langsung oleh Kepala Taman Budaya Kaltim. (ARO/SNDM)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.