Sandima Bersinar di Jambore Investasi Kalimantan 2023


SAMARINDA, Teater Tradisional asli Samarinda, Sandiwara Mamanda (sandima) mendapatkan sambutan luar biasa dari pengunjung dan panitia acara  Jambore Investasi Kalimantan tahun2023 yang digelar di Convention Hall Kompleks Stadion Sempaja Samarinda mulai tanggal 27 hingga 29 Agustus 2023.

Stan pameran Sandima yang menampilkan berbagai literatur, koleksi foto kegiatan hingga perlengkapan pementasan sendima lengkap dengan kosutum-kostum tokoh perannya silih berganti dikunjungi penonton.



Bukan hanya kalangan tua, bahkan anak muda dan para pelajarpun berjubel ingin menyaksikan sekaligus berfoto dengan mengenakan kostum kesultanan Loah Maurai, yang biasa diperankan oleh para pemain Sandima.

Kelompok Sandima ini sengaja menyediakan baground dan tempat berfoto yang memancing pengunjung untuk mencoba karakter-karakter klasik pemeran drama yang ada dalam Sandiwa Mamanda. Mulai dari kostum Sultan hingga pengharapan (pengawal) kesultanan, disediakan oleh stan ini dan boleh digunakan oleh pengunjung.

Tokoh-tokoh sandima yang kebetulan hadir di lokasipun bak artis ibu kota, tampak melayani pengunjung yang ingin foto bersama. Jika selama ini kebanyak mereka hanya menyaksikan para pemain Sandima di layar TVRI kini bisa berfoto langsung dan seolah menjadi bagian dari keluarga besar Sandima. Bahkan beberapa pengunjung juga sempat "menyawer" saat para pemusik Sandima membawakan lalgu-lagu.

Di akhir kegiatan, saat penutupan acara Jambore Investasi Kalimantan tahun2023 ini Sultan Sandima Elansyah Jamhari didampingi pemeran permaisuri Desi dan Kepala Taman Budaya Kaltim Novarita mendapat kegormatan untuk melakukan prosesi penyerahan selendang kerajaan kepada tamu kehormatan yang datang.

Penampilan pigur Kesultanan Sandima ini sebagai simbolis bahwa kebudayana dan kesenian tradisi di daerah ini masih dihargai dan dijunjung tinggi, meski saat ini Kaltim sudah maju dengan berbagai pembangunannya. Apalagi Ibu Kota Negara Nusantara sudah ditetapkan berada di Kalimantan Timur. (ASYA/SNDM)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.